Lembar Observasi Ketrampilan Membuka dan Menutup Pelajaran
Nama calon guru/ guru :Lilyana Abibah, S.Pd …………….
Pokok Bahasan :Matematika/ II Bilingual…………..
Hari/ tanggal :Jum’at /11 Maret 2011……………
No | Komponen Membuka dan Menutup Pelajaran | Penggunaan | |
Ya | Tidak | ||
1
2
3
4
5
6
|
Membuka pelajaran Menarik perhatian siswa - Gaya mengajar yang menarik - Penggunaan media yang menarik - Menggunakan pola interaksi yang bervariasi Menimbulkan motivasi siswa - kehangatan dan antusias - menimbulkan rasa ingin tahu siswa - mengemukakan ide yang bertentangan - memperhatikan minat siswa Memberi acuan - mengemukakan tujuan da batas tugas - menyarankan langkah-langkah yang akan dilakukan - Mengemukakan masalah pokok yang akan dibahas - Mengajukan pertanyaan-pertanyaan Membuat kaitan - membuat kaitan antar aspek yang relevan - membandingkan pengetahuan baru dengan pengetahuan yang sudah diketahui siswa - menjelaskan konsep sebelum bahan dirinci
Menutup Pelajaran Meninjau kembali - merangkum inti pelajaran
Mengevaluasi - mendemonstrasikan - mengaplikasikan ide baru pada situasi lain - memberi soal/ bertanya pada siswa tentang materi yang sudah dipelajari
|
√
√
√
√
√
|
√ |
Malang, 8 Maret 2011
Kepala Sekolah
Teguh Triwiyanto, M.Pd
NIP. 19771224 200801 1 005
Lembar Observasi Ketrampilan Menjelaskan
Nama calon guru/ guru : Lilyana Abibah, S.Pd ……………
Pokok Bahasan : Matematika/ II Bilingual …………
Hari/ tanggal : Jum’at /11 Maret 2011……………
No | Komponen Menjelaskan | Penggunaan | |
Ya | Tidak | ||
1
2
3
4
| Kejelasan - Kalimat yang diucapkan guru mudah diterima siswa
Penggunaan Contoh - Guru member contoh yang dapat mempermudah pemahan siswa
Pengorganisasian - Guru menunjukkan secara jelas pola sajian terutama hubungan antara contoh dan generalisasi.
Penekanan - Guru mengadakan penekanan variasi suara pada hal-hal yang dianggap penting. - Guru mengadakan penekanan dengan cara mengulangi ucapan pada hal yang dianggap penting. - Guru mengadakan penekanan dengan cara isyarat atau mimic tertentu. - Guru mengadakan penekanan dengan cara menggunakan gambaran-gambaran tertentu. - Guru mengadakan penekanan dengan cara mengajukan pertanyaan untuk mengetahui pemahaman siswa tentang relevansi penjelasan. | √
√
√
√
|
|
Malang, 8 Maret 2011
Kepala Sekolah
Teguh Triwiyanto, M.Pd
NIP. 19771224 200801 1 005
Lembar Observasi Ketrampilan Bertanya
Nama calon guru/ guru : …………………………………….
Pokok Bahasan :……………………………………..
Hari/ tanggal :……………………………………
No | Komponen Bertanya | Penggunaan | |
Ya | Tidak | ||
1
2
3
4
5.
6. | Pengungkapan Pertanyaan Secara Jelas Dan Singkat - Pengungkapan pertanyaan secara jelas. - Pengungkapan pertanyaan secara singkat.
Pemberian Acuan - Sebelum mengajukan pertanyaan, guru menyampaikan informasi yang releven
Pemusatan - Guru menyampaikan pertanyaan yang berfokus luas, kemudian diikuti dengan pertanyaan yang lebih khusus.
Penyebaran - Guru mengajukan pertanyaan secara klasikal, kemudian diajukan pada siswa tertentu.
Pemberian Waktu Berfikir - Guru mengajukan pertanyaan keseluruh siswa, member waktu berfikir kemudian menunjuk salah satu seorang siswa untuk menjawab.
Pemberian Tuntunan - Guru mengajukan pertanyaan dengan cara lain. - Guru mengajukan pertanyaan yang lebih sederhana. | √
√
√
√
√
|
√
|
Malang, 8 Maret 2011
Kepala Sekolah
Teguh Triwiyanto, M.Pd
NIP. 19771224 200801 1 005
Lembar Observasi Ketrampilan Memberi Penguatan
Nama calon guru/ guru : …………………………………….
Pokok Bahasan :……………………………………..
Hari/ tanggal :……………………………………
No | Komponen Memberi Penguatan | Penggunaan | |
Ya | Tidak | ||
1
2
3
4
5
6
| Penguatan Verbal - Guru mengucapkan kata-kata bagus, benar.
Penguatan Perubahan Mimik Dan Gerakan Badan - Guru Tersenyum - Guru Mengangguk
Penguatan Dengan Cara Mendekati - Guru mendekati siswa.
Penguatan Dengan Sentuhan - Guru menepuk bahu siswa - Bersalaman Dengan Siswa
Penguatan Dengan Kegiatan Yang Menyenangkan - Guru member kesempatan kepada siswa untuk melaksanakan kegiatan yang menyenangkan.
Penguatan Berupa Simbol Atau Benda - Guru member hadiah kepada siswa berupa hadiah. | √
√
√
√
√
|
√
|
Malang, 8 Maret 2011
Kepala Sekolah
Teguh Triwiyanto, M.Pd
NIP. 19771224 200801 1 005
Lembar Observasi Ketrampilan Variasi Mengajar
Nama calon guru/ guru : …………………………………….
Pokok Bahasan :……………………………………..
Hari/ tanggal :……………………………………
No | Komponen Variasi Mengajar | Penggunaan | |
Ya | Tidak | ||
1
2
3
4
5
| Variasi Mengajar Penggunaan Variasi Suara - Guru menggunakan suara secara bervariasi
Penggunaan Variasi Mimik dan Gerakan - Guru Menggunakan gerakan secara bervariasi.
Penggunaan Variasi Posisi Guru - Guru mengambil posisi secara bervariasi.
Kesenyapan - Pada saat tertentu menciptakan suasana hening dalam pembelajaran
Pemusatan Perhatian - Guru member penekanan tertentu pada hal-hal yang dianggap penting. |
√
√
√
√
√ (Kurang)
|
|
Malang, 8 Maret 2011
Kepala Sekolah
Teguh Triwiyanto, M.Pd
NIP. 19771224 200801 1 005
Lembar Observasi Ketrampilan Mengelola Kelas
Nama calon guru/ guru : …………………………………….
Pokok Bahasan :……………………………………..
Hari/ tanggal :……………………………………
No | Komponen Mengelola Kelas | Penggunaan | |
Ya | Tidak | ||
1.
2.
3.
4.
5.
| Penciptaan Dan Pemeliharaan Kondisi Belajar Yang Optimal. - Guru menunjukkan sikap tanggap - Guru membagi perhatian kepada siswa - Guru memberikan petunjuk secara jelas - Guru Menegur secara efektif - Guru member penguatan terhadap perilaku siswa
Pengembalian Kondisi Belajar Yang Optimal - Guru memodifikasi tingkah laku siswa - Guru memelihara kegiatan kelompok belajar siswa
Kontak Pandang - Guru mengadakan kontak pandang dengan siswa
Variasi Penggunaan Media Dan Sumber Belajar - Guru menggunakan media secara bervariasi
Variasi Pola Interaksi - Guru mengadakan pola interaksi secara bervariasi.
| √ √ √ √
√
√
√
√
|
√
|
Malang, 8 Maret 2011
Kepala Sekolah
Teguh Triwiyanto, M.Pd
NIP. 19771224 200801 1 005
Geen opmerkingen:
Een reactie posten