15-12-2011

Contoh Lembar Observasi Kelas

Lembar Observasi Ketrampilan Membuka dan Menutup Pelajaran

Nama calon guru/ guru :Lilyana Abibah, S.Pd …………….

Pokok Bahasan :Matematika/ II Bilingual…………..

Hari/ tanggal :Jum’at /11 Maret 2011……………

No

Komponen Membuka dan Menutup Pelajaran

Penggunaan

Ya

Tidak

1

2

3

4

5

6

Membuka pelajaran

Menarik perhatian siswa

- Gaya mengajar yang menarik

- Penggunaan media yang menarik

- Menggunakan pola interaksi yang bervariasi

Menimbulkan motivasi siswa

- kehangatan dan antusias

- menimbulkan rasa ingin tahu siswa

- mengemukakan ide yang bertentangan

- memperhatikan minat siswa

Memberi acuan

- mengemukakan tujuan da batas tugas

- menyarankan langkah-langkah yang akan dilakukan

- Mengemukakan masalah pokok yang akan dibahas

- Mengajukan pertanyaan-pertanyaan

Membuat kaitan

- membuat kaitan antar aspek yang relevan

- membandingkan pengetahuan baru dengan pengetahuan yang sudah diketahui siswa

- menjelaskan konsep sebelum bahan dirinci

Menutup Pelajaran

Meninjau kembali

- merangkum inti pelajaran

Mengevaluasi

- mendemonstrasikan

- mengaplikasikan ide baru pada situasi lain

- memberi soal/ bertanya pada siswa tentang materi yang sudah dipelajari

Malang, 8 Maret 2011

Kepala Sekolah

Teguh Triwiyanto, M.Pd

NIP. 19771224 200801 1 005

Lembar Observasi Ketrampilan Menjelaskan

Nama calon guru/ guru : Lilyana Abibah, S.Pd ……………

Pokok Bahasan : Matematika/ II Bilingual …………

Hari/ tanggal : Jum’at /11 Maret 2011……………

No

Komponen Menjelaskan

Penggunaan

Ya

Tidak

1

2

3

4

Kejelasan

- Kalimat yang diucapkan guru mudah diterima siswa

Penggunaan Contoh

- Guru member contoh yang dapat mempermudah pemahan siswa

Pengorganisasian

- Guru menunjukkan secara jelas pola sajian terutama hubungan antara contoh dan generalisasi.

Penekanan

- Guru mengadakan penekanan variasi suara pada hal-hal yang dianggap penting.

- Guru mengadakan penekanan dengan cara mengulangi ucapan pada hal yang dianggap penting.

- Guru mengadakan penekanan dengan cara isyarat atau mimic tertentu.

- Guru mengadakan penekanan dengan cara menggunakan gambaran-gambaran tertentu.

- Guru mengadakan penekanan dengan cara mengajukan pertanyaan untuk mengetahui pemahaman siswa tentang relevansi penjelasan.

Malang, 8 Maret 2011

Kepala Sekolah

Teguh Triwiyanto, M.Pd

NIP. 19771224 200801 1 005

Lembar Observasi Ketrampilan Bertanya

Nama calon guru/ guru : …………………………………….

Pokok Bahasan :……………………………………..

Hari/ tanggal :……………………………………

No

Komponen Bertanya

Penggunaan

Ya

Tidak

1

2

3

4

5.

6.

Pengungkapan Pertanyaan Secara Jelas Dan Singkat

- Pengungkapan pertanyaan secara jelas.

- Pengungkapan pertanyaan secara singkat.

Pemberian Acuan

- Sebelum mengajukan pertanyaan, guru menyampaikan informasi yang releven

Pemusatan

- Guru menyampaikan pertanyaan yang berfokus luas, kemudian diikuti dengan pertanyaan yang lebih khusus.

Penyebaran

- Guru mengajukan pertanyaan secara klasikal, kemudian diajukan pada siswa tertentu.

Pemberian Waktu Berfikir

- Guru mengajukan pertanyaan keseluruh siswa, member waktu berfikir kemudian menunjuk salah satu seorang siswa untuk menjawab.

Pemberian Tuntunan

- Guru mengajukan pertanyaan dengan cara lain.

- Guru mengajukan pertanyaan yang lebih sederhana.

Malang, 8 Maret 2011

Kepala Sekolah

Teguh Triwiyanto, M.Pd

NIP. 19771224 200801 1 005

Lembar Observasi Ketrampilan Memberi Penguatan

Nama calon guru/ guru : …………………………………….

Pokok Bahasan :……………………………………..

Hari/ tanggal :……………………………………

No

Komponen Memberi Penguatan

Penggunaan

Ya

Tidak

1

2

3

4

5

6

Penguatan Verbal

- Guru mengucapkan kata-kata bagus, benar.

Penguatan Perubahan Mimik Dan Gerakan Badan

- Guru Tersenyum

- Guru Mengangguk

Penguatan Dengan Cara Mendekati

- Guru mendekati siswa.

Penguatan Dengan Sentuhan

- Guru menepuk bahu siswa

- Bersalaman Dengan Siswa

Penguatan Dengan Kegiatan Yang Menyenangkan

- Guru member kesempatan kepada siswa untuk melaksanakan kegiatan yang menyenangkan.

Penguatan Berupa Simbol Atau Benda

- Guru member hadiah kepada siswa berupa hadiah.

Malang, 8 Maret 2011

Kepala Sekolah

Teguh Triwiyanto, M.Pd

NIP. 19771224 200801 1 005

Lembar Observasi Ketrampilan Variasi Mengajar

Nama calon guru/ guru : …………………………………….

Pokok Bahasan :……………………………………..

Hari/ tanggal :……………………………………

No

Komponen Variasi Mengajar

Penggunaan

Ya

Tidak

1

2

3

4

5

Variasi Mengajar

Penggunaan Variasi Suara

- Guru menggunakan suara secara bervariasi

Penggunaan Variasi Mimik dan Gerakan

- Guru Menggunakan gerakan secara bervariasi.

Penggunaan Variasi Posisi Guru

- Guru mengambil posisi secara bervariasi.

Kesenyapan

- Pada saat tertentu menciptakan suasana hening dalam pembelajaran

Pemusatan Perhatian

- Guru member penekanan tertentu pada hal-hal yang dianggap penting.

(Kurang)

Malang, 8 Maret 2011

Kepala Sekolah

Teguh Triwiyanto, M.Pd

NIP. 19771224 200801 1 005

Lembar Observasi Ketrampilan Mengelola Kelas

Nama calon guru/ guru : …………………………………….

Pokok Bahasan :……………………………………..

Hari/ tanggal :……………………………………

No

Komponen Mengelola Kelas

Penggunaan

Ya

Tidak

1.

2.

3.

4.

5.

Penciptaan Dan Pemeliharaan Kondisi Belajar

Yang Optimal.

- Guru menunjukkan sikap tanggap

- Guru membagi perhatian kepada siswa

- Guru memberikan petunjuk secara jelas

- Guru Menegur secara efektif

- Guru member penguatan terhadap perilaku siswa

Pengembalian Kondisi Belajar Yang Optimal

- Guru memodifikasi tingkah laku siswa

- Guru memelihara kegiatan kelompok belajar siswa

Kontak Pandang

- Guru mengadakan kontak pandang dengan siswa

Variasi Penggunaan Media Dan Sumber Belajar

- Guru menggunakan media secara bervariasi

Variasi Pola Interaksi

- Guru mengadakan pola interaksi secara bervariasi.

Malang, 8 Maret 2011

Kepala Sekolah

Teguh Triwiyanto, M.Pd

NIP. 19771224 200801 1 005

Geen opmerkingen:

Een reactie posten